Advertisement

Main Ad

ASIKNYA RAMADHAN DI PONDOK PESANTREN AR-ROHMAN TEGALREJO MAGETAN

 

  


Santun dan sederhana salah satu kepribadian yang dimiliki santri. Tak hanya itu saja, ada beragam akhlak mulia yang ditanamkan pada diri mereka. Pesantren Ar-Rohman Tegalrejo. Salah satu pesantren yang tengah berkembang di wilayah Magetan ini, terus berupaya mengemas metode pembelajaran yang terbaik dan mampu menciptakan rasa senang dan nyaman bagi seluruh santri. Program tahfidz dan salafiyah, jurusan yang dikembangkan di pesantren ini.  Tak hanya ragam ilmu agama saja yang santri terima. Tetapi, keterampilan dalam dunia bisnis juga mereka pelajari, salah satunya dengan hadirnya kopontren (koperasi pondok pesantren) Ar-Rohman.



            Ramadhan di pesantren. Tentunya ada beragam kegiatan bermanfaat yang diikuti santri. Kegiatan pagi ramadhan di tahun ini diawali dengan sahur bersama. seluruh santri begitu antusias. “Alhamdulillah kembali kita rasakan kebahagiaan puasa di bulan ramadhan bersama teman-teman di pesantren’” ungkap Bintang santri kelas 9 putri. Seluruh santri tertib mengambil makanan sahur dan menikmatinya bersama. “Apapun lauknya akan terasa nikmat jika makannya bersama-sama,” ungkap Fernanda santri kelas 8 putra.




            Seusai kegiatan sahur bersama. para santri bergegas menuju masjid untuk mengambil air wudhu melaksanakan sholat subuh berjamaah. Dengan di dampingi para Ustadz dan Ustadzah tentunya. Zikiran dan tadarus Al-Quran mereka laksanakan seusai sholat. “Kami berharap semoga para santri istiqomah menjalani serangkaian kegiatan ini,” ungkap Ustadzah Mufa yang ditemui di serambi masjid pagi itu.


            Selama di pesantren kegiatan tidaklah selalu terfokus di lingkungan asrama saja. Para santri juga diperbolehkan melakukan olahraga pagi di lingkungan sekitar. Ada yang asik bermain bola di lapangan, bermain bulu tangkis di halaman, ada pula yang memilih jalan-jalan berkeliling lingkungan. “Olahraga yang mengutamakan kebersamaan, ditambah lagi dapat menikmati keindahan alam sekitar, itulah salah satu manfaat jalan-jalan pagi,” ungkap Zenith dan Zhapire santri kelas 9 yang ditemui sedang asik melakukan kegiatan olahraga pagi itu. Kicau burung menambah kedamaian suasana pagi itu. Semilir angin pagi seakan ingin sampaikan salam, sembari mengucapkan selamat pagi para santri. Pukul 05.45 WIB para santri mulai bergegas melakukan persiapan mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah. Meskipun sedang menjalani ibadah puasa ramadhan, para santri tidak lupa untuk tetap semangat mengikuti kegiatan pembelajaran di madrasah.


       


    
Sholat dhuha berjamaah mengawali kegiatan di madrasah pagi ini. Dilanjutkan murojaah jus 30. Seusai melakukan kegiatan pembiasaan, para santri bergegas menuju MTs Ar-Rohman.  “Karena kondisi masih pandemi ditambah lagi para santri sedang melaksanakan kegiatan puasa ramadhan maka, durasi kegiatan pembelajaran mengalami pemangkasan. Cukup 30 menit setiap jam pelajaran,” tutur Ustadzah Kiki selaku waka kurikulum MTs Ar-Rohman. Tepat pukul 11.00 WIB kegiatan pembelajaran di madrasah telah usah. Selanjutnya kegiatan terfokus di pesantren. Persiapan sholat zuhur berjamaah dilakukan. Ragam pembiasaan seusai sholat berjamaah dilaksanakan. Para santri juga diberi cukup waktu untuk sejenak istirahat siang di asrama masing-masing.




            Seusai para santri mengikuti sholat ashar berjamaah. Tepat pukul 15.00 WIB mereka bergegas berkumpul sesuai penjurusan yang mereka pilih untuk mengikuti kegiatan pembelajaran inti. “Inilah salah satu keindahan yang sulit dilupa nantinya, kebersamaan dan kedamaaian bersama teman-teman,” ungkap Enggal santri kelas 7 putri ditengah kesibukannya mengikuti kegiatan pembelajaran sore itu. Tidak bisa dipungkiri jika kehadiran sahabat sangat berarti bagi mereka. Bersama sahabat mereka saling berbagi, bersama sahabat mereka melawan ragam rintangan untuk selalu semangat belajar, bersama sahabat mereka lukiskan bahagia.





      Mentari perlahan menuju singgasana peraduan. Lantunan nada merdu terdengar sayup-sayup dilantunkan para santri yang sedang mengaji. Begitu damai suasana sore itu. Takjil beserta minuman telah tersedia. Begitu terdengar suara azan maghrib berkumandang, bergegas para santri berdoa lalu berbuka puasa. Berjamaah sholat maghrib, sholat tarawih, tadarusan, merupakan ibadah yang mereka laksanakan seusai berbuka puasa.  




     Public speaking merupakan salah satu keterampilan yang santri dapatkan selama di pondok pesantren.  Dengan bimbingan Ustadz dan Ustadzah para santri berlatih. Melalui kegiatan ini diharapkan keterampilan berbicara para santri menggunakan bahasa arab dan inggris dapat berkembang.  Tidak hanya itu adapula kegiatan menarik lainnya. Banjari, panggung gembira, dan kegiatan asik lainya terkemas dengan baik di pondok pesantren Ar-Rohman.



   Pada malam harinya (sabtu, 01/05/2021) pembekalan kepada para santri sebelum perpulangan dilakukan. "Selalu amalkan dan kembangkan ilmu dan pembiasaan baik yang telah kalian dapatkan selama di pondok pesantren," tutur Ustadz Ridlo malam itu. Jangan sampai hilang jati diri kalian sebagai seorang santri, dimanapun kalian berada tetaplah bersikap santun," pungkas Ustadz Ridlo.

     Bagaimana kawan sangat menarik, bukan? Kegiatan para santri selama bulan ramadhan di pondok pesantren Ar-Rohman Tegalrejo. Mari bergabung bersama kami. Kuatkan niat, bulatkan tekat, menjadi pribadi yang lebih santun dan berwawasan global di pondok pesantren Ar-Rohman Tegalrejo.

Posting Komentar

2 Komentar